Makanan dan Minuman
IKLAN SUSU KENTAL MANIS (SKM)

Pertanyaan :

Bagaimana langkah BPOM dengan iklan yang menyesatkan mengenai Susu Kental Manis (SKM)?

Jawaban :

  • BPOM RI telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) Reviu Pengaturan Susu Kental Manis (SKM), perkuatan pengawasan promosi dan penandaan SKM, sosialisasi tentang SKM dan produk sejenis agar SKM diproduksi, diedarkan, digunakan, dan dikonsumsi dengan tepat.
  • Badan POM telah mengeluarkan Surat edaran Nomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada produk Susu Kental dan Analognya (Kategori pangan 01.3) yang ditujukan kepada seluruh produsen/importir/distributor produk susu kental dan analognya serta menegaskan bahwa label dan iklan Susu Kental Manis (SKM) tidak boleh menampilkan anak usia di bawah 5 tahun dan tidak diiklankan pada jam tayang acara anak-anak.
  • Berdasarkan hasil pengawasan BPOM RI terhadap iklan SKM di tahun 2017 terdapat 3 iklan yang tidak memenuhi ketentuan karena mencantumkan pernyataan produk berpengaruh pada kekuatan/energi, kesehatan dan klaim yang tidak sesuai dengan label yang disetujui. Iklan tersebut sudah ditarik dan tidak ditemukan di peredaran.