NAPZA
PENGAWASAN PEREDARAN DAN IKLAN ROKOK

Pertanyaan :

Siapa yang melakukan pengawasan rokok yang beredar dan iklannya?

Jawaban :

Sesuai Pasal 60 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan, ditetapkan bahwa pengawasan terhadap produk tembakau yang beredar, promosi dan pencantuman peringatan kesehatan dalam iklan dan kemasan produk tembakau dilaksanakan oleh Kepala Badan dalam hal ini adalah Kepala  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam melakukan pengawasan produk tembakau yang beredar, iklan dan promosi, Kepala BPOM dapat memberikan sanksi administratif berupa teguran lisan, teguran tertulis, penarikan produk, rekomendasi penghentian sementara kegiatan, dan/atau rekomendasi penindakan kepada instansi terkait sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain dalam Peraturan Pemerintah di atas, hal tersebut juga di atur dalam Peraturan Kepala BPOM Nomor 41 Tahun 2013 tentang Pengawasan Produk Tembakau Yang Beredar, Pencantuman Peringatan Kesehatan Dalam Iklan dan Kemasan Produk Tembakau, dan Promosi.