PROFIL
 » 
Tugas dan Fungsi

Unit Layanan Pengaduan Konsumen berada pada Bagian Pengaduan Konsumen Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BPOM RI, dengan tugas dan fungsi sebagai berikut :

 

Tugas

Menyiapkan koordinasi dan melaksanakan kegiatan layanan pengaduan konsumen

 

Fungsi

1. Pelaksanaan layanan pengaduan konsumen
2. Pelaksanaan pengolahan data dan evaluasi layanan pengaduan konsumen
3. Pelaksanaan bimbingan layanan pengaduan konsumen

 

Kegiatan

Kegiatan Unit Layanan Pengaduan Konsumen terdiri dari pelayanan lisan dan tertulis terhadap pengaduan, keluhan dan informasi yang masuk dari konsumen melalui Contact Center HALO BPOM 1500533 maupun ULPK seluruh Indonesia.

Layanan informasi dan pengaduan dilakukan melalui konsumen datang langsung (walk-in), telepon, SMS, faksimili, email, surat; dan media sosial twitter serta pada saat kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi yang dilaksanakan di pusat maupun di daerah.

Setiap data permintaan informasi dan pengaduan dari masyarakat akan terdokumentasi dan dilaporkan kepada Sestama Badan POM dalam bentuk Resume Harian yang digunakan sebagai masukan untuk memperkuat sistem peringatan dini (early warning system) dan ditindaklanjuti sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.