Kosmetik


bpom Q
Pertanyaan:   
Apakah kosmetik yang sudah ternotifikasi di BPOM boleh di daftarkan ulang oleh distributor lain, dengan merubah label dan kemasan ?
bpom A
Jawaban:   
Kosmetika yang dinotifikasi/didaftarkan tidak diperbolehkan dalam bentuk re-packing atau re-labeling. Yang boleh mendaftarkan kometika adalah importir kosmetik (untuk produk impor) dan produsen kosmetik (untuk produksi kosmetik dalam negeri)
Bagikan
Whatsapp
bpom Q
Pertanyaan:   
Apakah letter of agreement/surat penunjukan keagenan untuk kosmetik impor memiliki masa berlaku dan apakah benar masa berlakunya selama 5 tahun?
bpom A
Jawaban:   
Letter of agreement untuk kosmetika impor harus memiliki masa berlaku, namun tidak ada ketentuan tertulis mengenai batas masa berlaku surat tersebut.
Bagikan
Whatsapp
bpom Q
Pertanyaan:   
Apakah penanggung jawab teknis untuk pengajuan notifikasi  kosmetika impor wajib Apoteker?
bpom A
Jawaban:   
Sesuai dengan Peraturan Kepala BPOM Nomor HK.03.1.23.12.10.11983 Tahun 2010 tentang Kriteria dan Tata Cara Pengajuan Notifikasi, penanggung jawab teknis dalam pengajuan notifikasi kosmetika impor tidak dipersyaratkan apoteker. Penanggung jawab teknis dalam hal ini adalah registration officer (RO) yang bertanggung jawab atas data-data dan dokumen yang disampaikan saat pengajuan notifikasi.
Bagikan
Whatsapp
bpom Q
Pertanyaan:   
Apakah bisa menggunakan virtual office untuk melakukan pendaftaran produk kosmetika impor?
bpom A
Jawaban:   
Alamat virtual office dapat digunakan dalam melakukan pendaftaran produk kosmetika impor, dengan melampirkan surat keterangan / pernyataan alamat operasional dan mencantumkan kedua alamat tersebut (alamat virtual office dan alamat operasional) pada saat mengisi template badan usaha.
Bagikan
Whatsapp
6