Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Targetkan Pelayanan Prima pada Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik 2020


27 Jul 2020 103
Jakarta. Badan POM kembali menyelenggarakan Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di lingkungan Badan POM. Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik tahun ini merupakan yang ke-2 kalinya sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019. Penilaian ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai bentuk evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, guna memperoleh gambaran tentang kondisi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik untuk kemudian dilakukan perbaikan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Instrumen yang digunakan dalam penilaian yaitu formulir F-01 yang diisi oleh unit penyelenggara pelayanan yang menjadi lokus penilaian, untuk memperoleh data perspektif; formulir F-02 yang diisi oleh evaluator atau penilai berdasarkan hasil pengamatan di lapangan; dan formulir F-03 yang diisi oleh pengguna layanan berdasarkan pengalaman yang bersangkutan dalam menerima pelayanan, untuk memperoleh data persepsi. Pengisian formulir dilakukan secara daring melalui sistem www.evortala.pom.go.id dengan aspek penilaian meliputi kebijakan pelayanan (30%), aspek profesionalisme SDM (18%), aspek sarana prasarana (15%), aspek sistem informasi pelayanan publik (15%), aspek konsultasi dan pengaduan (15%) serta aspek inovasi (7%).

Pengisian formulir F-01 dan F-03 telah dilaksanakan 20-24 Juli 2020, yang dilanjutkan dengan tahapan evaluasi dokumen oleh tim penilai pada 23 – 24 Juli 2020, dan tahapan wawancara dan verifikasi data pada 27 Juli 2020.

Penilaian kinerja ULPK di tahun 2019 memperoleh nilai Indeks Pelayanan Publik 3,80 (3,51 – 4.00 Baik) dan selama tahun 2020 ULPK telah melakukan berbagai upaya untuk peningkatan kualitas pelayanan publiknya sehingga menargetkan capaian Indeks Pelayanan Publik yang tertinggi pada kategori pelayanan prima (4,51 – 5,00) dimana pelayanan ULPK dinilai berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur yang diberikan kepada pengguna layanan di tahun 2020 ini.

Vika
Bagikan
Whatsapp