Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Raih Kinerja 'Sangat Baik' pada Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik 2020


05 Agu 2020 97

Jakarta. Senin (3/8), BPOM melaksanakan exit meeting penilaian internal kinerja unit penyelenggara pelayanan publik di lingkungan BPOM yang dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh seluruh Unit Pelayanan Publik (UPP) di BPOM pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia.

Penilaian UPP BPOM dilaksanakan terhadap seluruh jenis layanan publik terdiri dari 14 unit kerja BPOM pusat dan 33 UPT Balai Besar/Balai POM. Penilaian telah dilaksanakan pada 23 – 30 Juli 2020 oleh tim penilai yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala BPOM Nomor HK.02.02.1.2.03.20.111 tahun 2020 tentang Pembentukan Tim Penilai Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan BPOM Tahun Anggaran 2020.

“Indeks Pelayanan Publik (IPP) di bidang Obat dan Makanan merupakan salah satu indikator kinerja yang tercantum dalam Rencana Strategis BPOM 2020-2024. Penilaian internal kinerja UPP di lingkungan BPOM bermanfaat untuk mendorong UPP melakukan peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik menuju Pelayanan Prima dan sebagai persiapan UPP BPOM dalam penilaian evaluasi kinerja UPP oleh Kementerian PANRB”, ujar Elin Herlina, Plt. Sekretaris Utama dalam paparannya.

Pada penilaian tahun 2020 di kelompok unit kerja pusat, ULPK berhasil memperoleh IPP 4,48 (Sangat baik 4,01 – 4,50) berada di urutan kedua setelah Direktorat Registrasi Pangan Olahan dengan IPP 4,56 (Pelayanan Prima 4,51 – 5,00). Sedangkan untuk kelompok UPT Balai Besar/Balai POM, UPP yang meraih penilaian pelayanan prima adalah Balai Besar POM di Denpasar dengan IPP 4,52. IPP UPP BPOM tahun 2020 sebagian besar masuk dalam kategori Sangat Baik dan Baik dengan rata-rata IPP unit kerja pusat 4,14 dan IPP UPT 4,0.

ULPK akan terus berupaya melakukan peningkatan kinerja untuk dapat mencapai kategori pelayanan prima di tahun 2021.

Bagikan
Whatsapp