Ayo Lapor Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik!


30 Sep 2020 78

Jakarta - Peran strategis pengaduan masyarakat menjadi prioritas Badan POM, yang diwujudkan dengan adanya unit khusus pengelola pengaduan yaitu Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) yang ada di Badan POM pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia.

Saat ini pengelolaan pengaduan di Badan POM semakin diperkuat dengan hadirnya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional melalui platform Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) yang merupakan integrasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Ombudsman RI, dan Kantor Staf Presiden.

Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan melalui SP4N-LAPOR!, Senin (28/09) Badan POM menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik melalui SP4N-LAPOR! bagi Tim Pengelola SP4N-LAPOR! yang terdiri dari admin instansi dan pejabat penghubung di unit kerja dan UPT di lingkungan Badan POM.

"Interaksi antara penyelenggara pelayanan publik dan masyarakat bukan lagi suatu kewajiban tapi telah bergeser menjadi suatu kebutuhan. Pengaduan tidak lagi dipersepsikan menjadi hal yang negatif, namun justru menjadi tindakan yang positif dan berguna bagi penyelenggara pelayanan publik untuk mendapatkan feedback bagi peningkatan kualitas pelayanan publik", jelas Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito.

“Penyelenggara pelayanan publik di Badan POM perlu menyadari bahwa materi pengaduan pelayanan publik merupakan data penting dan harus diolah menjadi informasi yang sangat berguna sebagai evidence base dalam pengambilan keputusan dan kebijakan dalam peningkatan pelayanan publik. Tim pengelola SP4N-LAPOR! Badan POM harus terus memperkuat koordinasi dan mengasah kompetensi sehingga mampu memberikan pelayanan dan penyelesaian pengaduan yang cepat, tepat dan tuntas,” lanjutnya.

Badan POM terus berkomitmen memperkuat pengelolaan pemgaduan yang terintegrasi secara nasional dan menjadikan aplikasi LAPOR! sebagai kanal utama pengaduan dan mendukung pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Untuk itu Badan POM akan mengembangkan strategi dan menyusun rancang bangun penguatan pengelolaan pengaduan tahun 2020-2024 yang sejalan dengan Roadmap SP4N 2020-2024 sebagaimana yang telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri PANRB Nomor 46 tahun 2020.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Ombusman RI yang menyampaikan tentang urgensi pengelolaan pengaduan dan narasumber dari KemenPANRB yang membahas terkait kebijakan SP4N-LAPOR! dan simulasi penggunaan aplikasi LAPOR!

Ayo LAPOR! untuk pelayanan publik yang lebih baik!

Bagikan
Whatsapp