Mengejar Diamond, Badan POM Ikuti Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award 2021


07 Jul 2021 52

Jakarta- Perhelatan Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) Tahun 2021 kembali digelar mengusung tema "Konsumen Terlindungi, Kepercayaan Meningkat, Ekonomi Bangkit". Launching Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) Tahun 2021 dilaksanakan pada Rabu, 7 Juli 2021 secara daring. Pemeringkatan Raksa Nugraha-ICPA 2021 akan digelar pada 7 Juli hingga 30 September 2021, dan akan diumumkan 10 November 2021.

Raksa Nugraha-ICPA merupakan bentuk apresiasi BPKN kepada entitas publik (pemerintahan pusat dan pemerintah daerah) dan entitas privat (pelaku usaha, BUMN, BUMD) yang peduli akan perlindungan konsumen.

Dr. Rizal E. Halim, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) berharap pemeringkatan Raksa Nugraha-ICPA 2021 mampu meningkatkan komitmen pelaku usaha dan pemerintah terhadap perlindungan konsumen, mempromosikan keberpihakan masyarakat terhadap perlindungan konsumen, dan terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap dunia usaha yang selanjutnya akan meningkatkan perekonomian negara.

Raksa Nugraha-ICPA dilatarbelakangi kondisi penyelenggaraan perlindungan konsumen di Indonesia, diantaranya pelanggaran hak konsumen oleh pelaku usaha, komitmen yang belum dimiliki pemerintahan daerah, terbentuknya  Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK)  dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM)  serta perlu adanya pemberian prestasi dan inisiatif pelaku usaha dan pemerintah yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan konsumen yang kredibel dan independen.

Pada tahun 2020, BPKN menganugerahkan PT. Angkasa Pura 2 dan Petrokimia Gresik Raksa Nugraha Diamond, sedangkan Badan POM meraih Raksa Nugraha Platinum. Perolehan ini memacu Badan POM untuk membuktikan diri dengan target meraih Raksa Nugraha Diamond di tahun 2021, penghargaan tertinggi di ajang ini.

Badan POM diwakili oleh Badan POM Pusat dan 4 (empat) Unit Pelaksana Teknis yaitu BBPOM di Denpasar, BBPOM di Yogyakarta, BBPOM di Jakarta, dan BBPOM di Surabaya.

Badan POM berkomitmen melindungi dan memenuhi hak masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi produk Obat dan Makanan yang aman, berkhasiat dan bermutu, demi terwujudnya Indonesia sehat. (Silma-PM)

Bagikan
Whatsapp