Jadi Konsumen Cerdas dengan BPOM Mobile


14 Nov 2021 59

Kegiatan ini merupakan kali keempat Biro Hukum dan Organisasi Badan POM berkolaborasi dengan Komisi IX DPR RI untuk memberikan Komunikasi, Edukasi, dan Informasi (KIE) kepada masyarakat. Kepada para peserta, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris menegaskan kembali bahwa negara melalui Badan POM hadir untuk melindungi masyarakat dari produk Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan, terutama pada saat pandemi sekarang ini.

 

”Saat ini pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi, sebagai upaya percepatan penanganan pandemi. Potensi lonjakan kasus COVID-19 masih mungkin terjadi, karena pandemi belum selesai. Karena itu saya mengajak masyarakat untuk segera divaksin dan menyelesaikan tahapan vaksinasi,” ujar Charles Honoris. ”Jangan takut untuk divaksin, karena Badan POM telah memastikan vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi pemerintah aman untuk digunakan oleh masyarakat,” tegasnya.

 

Selain divaksin, masyarakat juga terus diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan dan selalu mengonsumsi produk Obat dan Makanan yang aman. Bagaimana cara mengetahui suatu produk Obat dan Makanan itu aman? Salah satunya dengan melakukan Cek KLIK, Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan tanggal Kedaluwarsa.

 

Masyarakat Kelurahan Semanan yang menjadi peserta juga diajak belajar cara mudah mengenali produk Obat dan Makanan yang sudah terdaftar di Badan POM melalui aplikasi BPOM Mobile. Beberapa peserta diminta untuk mengunggah aplikasi dan mencoba fitur scan barcode pada kemasan produk yang tersedia, termasuk memanfaatkan fitur pengaduan pada aplikasi BPOM Mobile jika dicurigai ada produk Obat dan Makanan ilegal, atau dapat melaporkannya ke HALOBPOM di nomor telepon 1500533.

 

Mengingat luasnya wilayah Indonesia, Badan POM tidak mungkin dapat melaksanakan pengawasan Obat dan Makanan sendiri tanpa dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk mitra kerja DPR RI dan masyarakat. Karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi Badan POM dengan DPR RI dan membantu masyarakat menjadi konsumen cerdas yang mampu melindungi diri dari Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan.

Bagikan
Whatsapp