Pameran Hari Kesehatan Nasional ke-58 Hari ke-2, Serunya Tambah Ilmu Obat dan Makanan di Booth BPOM


04 Nov 2022 74

BPOM kembali hadir melakukan edukasi kepada masyarakat pada Pameran Hari Kesehatan Nasional (HKN) Hari ke-2 yang diselenggarakan di di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Jumat, 4 November 2022. Sejak awal dibuka, antusiasme pengunjung terhadap booth BPOM sangatlah tinggi. Dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang meningkat dibandingkan hari pertama, yaitu mencapai 210 orang.

Keberadaan POM QUIZ secara online maupun manual dengan fish bowl  menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung booth BPOM. Kuis merupakan salah satu metode edukasi interaktif yang diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan para pengunjung dalam hal keamanan Obat dan Makanan. POM QUIZ berisi pertanyaan terkait pengetahuan serta isu terkini seputar Obat dan Makanan yang dapat diikuti secara individu maupun kelompok. “Kuis nya lumayan menantang pertanyaannya…tapi justru membuat kita makin penasaran ingin tahu dan tambah ilmu, apalagi hadiahnya juga mantap”, ujar Lina, salah satu pengunjung yang mengikuti POM QUIZ pada booth BPOM.

Pada pameran ini BPOM juga memberikan edukasi melalui sosialiasi BPOM Mobile yang dapat memudahkan masyarakat melakukan pengecekan izin edar melalui fitur scan 2D barcode. “Wah, baru tau ada aplikasi ini, praktis ya tinggal scan langsung bisa ketahuan produknya sudah ada izin BPOM atau belum”, ujar Hafiz, salah satu pengunjung yang terlihat antusias menjajal aplikasi tersebut. “Selain melakukan pengecekan izin edar, aplikasi BPOM Mobile juga dapat  digunakan untuk melakukan pengaduan Obat dan Makanan, sehingga apabila terdapat produk yang tidak mempunyai izin edar, bisa langsung diadukan melalui aplikasi trersebut”, jelas petugas BPOM. Tak lupa petugas juga mengenalkan fitur baru BPOM Mobile yaitu LAPOR Iklan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengadukan iklan produk obat dan makanan yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Para pelaku usaha juga banyak yang berkunjung untuk melakukan konsultasi terkait registrasi obat tradisional, suplemen kesehatan dan pangan olahan. Mereka ingin mengetahui lebih banyak terkait sistem pengajuan izin edar yang saat ini telah terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS). BPOM saat ini telah menyiapkan berbagai perangkat demi mengimplementasikan perizinan berusaha berbasis risiko yang terintegrasi OSS. Salah satu perubahan besar yang terwujud adalah penyederhanaan birokrasi dan waktu penerbitan izin edar. Penyederhanaan tersebut harus diiringi dengan tanggung jawab penuh pelaku usaha dalam menjamin pemenuhan standar keamanan, mutu, gizi.

Pameran HKN ke-58  masih akan berlangsung sampai tanggal 5 November 2022. Kunjungi   BPOM, dapatkan keseruan dan manfaaatnya! (Reka-PM)

Bagikan
Whatsapp