Semangat Edukasi Obat dan Makanan Aman Bagi Pengunjung Pameran HKN Ke-58, BPOM Raih Predikat Kategori Stand Pameran Terbaik


05 Nov 2022 84

Tangerang SelatanDi hari terakhir gelaran Pameran Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, booth BPOM masih terus ramai oleh pengunjung yang antusias mencari informasi dan isu Obat dan Makanan terkini (Sabtu, 5/11/2022).  Petugas Pramujaga BPOM semangat melayani permintaan informasi dan memandu kuis edukatif kepada pengunjung. Kepala BPOM, Penny K. Lukito, yang hadir meninjau booth BPOM berpesan kepada petugas pramujaga BPOM untuk dapat memberikan edukasi Obat dan Makanan dengan lugas dan jelas kepada masyarakat.

Antusiasme Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat tinggi untuk bertanya terkait perizinan pendaftaran produk ke BPOM. “Saya memproduksi kosmetika masih skala kecil, ingin mendaftarkan izin edarnya ke BPOM, bagaimana ya caranya?” tanya Ratna yang saat ini baru mulai merintis usaha di bidang kosmetika.

Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, kini terdapat penyederhanaan birokrasi untuk pendaftaran produk kosmetika.

Selain layanan konsultasi, BPOM memanfaatkan gelaran HKN Ke-58 untuk memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terkait cara memilih Obat dan Makanan yang aman untuk dikonsumsi. Salah satu tips yang dijelaskan petugas adalah dengan Cek KLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa sebelum mengonsumsi Obat dan Makanan. Petugas BPOM juga memberikan produk informasi Obat dan Makanan kepada pengunjung untuk meningkatkan minat dan literasi masyarakat terhadap Obat dan Makanan Aman sehingga masyarakat dapat melindungi diri dari berita hoaks yang belum tentu kebenarannya.

Produk informasi yang dibagikan kepada pengunjung diantaranya Modul Kata BPOM, Buku Informasi Serba-Serbi Obat di Era New Normal, Buku Tips Keamanan Pangan, Modul 5 Kunci Keamanan Pangan, Buku Saku Vitamin, Leaflet tentang Alur Registrasi Produk Obat dan Makanan, Pelayanan Publik BPOM dan lain-lain. Pengunjung juga diberikan informasi bagaimana cara menyampaikan pengaduan produk Obat dan Makanan ilegal melalui aplikasi BPOM Mobile dan LAPOR! sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengawasan Obat dan Makanan.

Hari terakhir gelaran HKN ke-58 ini juga disemarakkan dengan kegiatan lomba mewarnai, senam, talkshow, dan pemberian penghargaan terhadap sejumlah pihak yang telah ikut berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan Tanah Air. Di penghujung acara, booth BPOM mendapat apresiasi sebagai Juara Harapan I Stand Pameran Terbaik Kategori Instansi Pemerintah dan BUMN. Aspek yang menjadi kriteria penilaian meliputi tampilan booth, kelengkapan produk dan materi informasi, alur pelayanan, dan kompetensi pramujaga dalam melayani pengunjung.

Edukasi yang diberikan BPOM dalam pameran ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Obat dan Makanan yang aman dan bermutu serta membantu pelaku usaha yang akan mendaftarkan produk Obat dan Makanan di BPOM. (Myra-PM)

Bagikan
Whatsapp