Dukung Percepatan Penurunan Stunting, BPOM Beri Edukasi Keamanan Pangan Bagi Siswa SMPN 2 Tangerang Selatan


25 Nov 2023 61

Tangerang Selatan - Mobil HALOBPOM untuk kesekian kalinya hadir memberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) seputar topik kesehatan serta keamanan obat dan makanan kepada komunitas sekolah.  Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan partisipasi aktif komunitas sekolah dalam pengawasan obat dan makanan. SMPN 2 Tangerang Selatan menjadi target lokasi selanjutnya yang dikunjungi (Jumat, 24/11/2023).

Bertepatan dengan puncak acara Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMPN 2 Tangerang Selatan bertajuk “Pencegahan Stunting Pada Remaja”, Mobil HALOBPOM berikan edukasi tips membaca Informasi Nilai Gizi (ING) pada kemasan produk pangan olahan serta cara memilih dan mengonsumsi pangan yang aman.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan karena kekurangan gizi. Untuk memutus rantai terjadinya stunting pada generasi yang akan datang, remaja harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan makananan sehat dan bergizi, olahraga, dan stress management”, jelas Fauziah Mappamasing, PFM Ahli Muda Biro Hukum dan Organisasi. Untuk melakukan aktivitas, tubuh memerlukan energi dan nutrisi. Oleh karena itu, “Dutas wajib sarapan”, ujar Fauziah.

Siswa diharapkan mampu membedakan jajanan yang sehat dan tidak sehat. Oleh karena itu, siswa juga diperkenalkan dengan Logo “Pilihan Lebih Sehat” yang tercantum pada kemasan pangan. Logo tersebut dapat dikenali dengan bentuk centang atau checklist hijau yang terdapat tulisan “Pilihan Lebih Sehat”.

Untuk memastikan produk obat dan makanan yang dikonsumsi aman, siswa SMPN 2 Tangerang Selatan juga diajak melakukan simulasi Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa) dan menggunakan aplikasi BPOM Mobile untuk memindai 2D Barcode yang ada pada kemasan produk. Melengkapi edukasi yang diberikan, siswa juga mendapatkan produk informasi dari BPOM seperti Modul KataBPOM dan leaflet seputar informasi obat dan makanan.

Dutas” dan guru sangat antusias dalam menyimak paparan materi dan aktif dalam sesi tanya jawab bersama narasumber BPOM. Games edukasi KataBPOM dan hadiah menarik juga menyemarakkan kegiatan KIE Mobil HALOBPOM.  Games  terdiri dari tiga bagian, yaitu games berkelompok tebak kata, games berkelompok relay kalimat serta games individu untuk menjawab pertanyaan fishbowl seputar BPOM. Pada sesi games, siswa dikenalkan dan diajak untuk mem-follow akun media sosial BPOM.  (PM_Dian)

Bagikan
Whatsapp