Gandeng PT. Kereta Commuter Indonesia, BPOM Gaungkan Kampanye kataBPOM kepada Pengguna Commuter Line


05 Nov 2024 3.256

Jakarta- BPOM bersama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) menyelenggarakan kegiatan Kampanye KataBPOM, Senin (4/11/2024). Kegiatan tersebut merupakan kerja sama strategis antara BPOM dan PT KCI, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang aman. Pengguna sarana transportasi Commuter Line, Komunitas Sahabat Kereta, influencer, vlogger, content creator dan media terlibat dalam kegiatan tersebut.

Diadakan secara hybrid dari Hall Stasiun Juanda, jingle dan tarian kataBPOM membuka rangkaian kegiatan dan perdana diluncurkan ke masyarakat. Kampanye KataBPOM menghadirkan talkshow interaktif bertajuk “Commuters Cerdas Pilih Obat dan Makanan Aman” yang dihadiri langsung oleh Kepala BPOM RI, Taruna Ikrar dan Asdo Artriviyanto selaku Direktur Utama PT KCI.

“Edukasi mengenai pentingnya pemilihan Obat dan Makanan yang aman untuk dikonsumsi perlu dilakukan secara masif,” tutur Asdo dalam sambutannya. Asdo juga menyatakan bahwa edukasi kali ini sangat bermanfaat khususnya bagi pengguna Commuter Line yang jumlahnya hampir satu juta orang di wilayah Jabodetabek.

Kolaborasi dan edukasi BPOM dengan PT KCI sangat efektif dan jingle kataBPOM dapat sampai kepada masyarakat  karena 90% masyarakat Indonesia menggunakan mass transportation,” jelas Taruna Ikrar. Taruna juga mengapresiasi PT KCI yang telah menyambut baik kerja sama dengan BPOM terkait edukasi obat dan makanan.

Pada sesi talkshow interaktif, Taruna menjelaskan latar belakang dari Kampanye KataBPOM yaitu ingin mencerdaskan rakyat dimana BPOM memiliki program kerja Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). BPOM ingin semakin mengakar didalam sanubari rakyat Indonesia.

Penggunaan transportasi umum seperti KRL memberikan peluang besar untuk menyampaikan informasi yang valid dan terpercaya kepada masyarakat dengan mobilitas yang tinggi. Pencarian informasi oleh penumpang KRL melalui scrolling gadget selama perjalanan perlu diimbangi dengan informasi yang valid dan benar. Untuk itu, BPOM bekerja sama dengan PT KCI untuk menayangkan video Iklan Layanan Masyarakat (ILM) kataBPOM yang mengusung 4 (empat) judul video yaitu: 1) Bukan Kata Orang, Pastikan kataBPOM, 2) Download BPOM Mobile untuk Cek Izin Edar, 3) Ingat Cek KLIK Sebelum Belanja, dan 4) Tanya HALOBPOM, Semua Ada Jawabannya.

ILM BPOM ditayangkan selama satu bulan, dari Oktober hingga November tahun 2024. Saat ini, ILM BPOM sudah tayang di Commuter Balance Reader (CBR) di 82 Stasiun KRL Jabodetabek, 17 Stasiun KRL Yogyakarta- Solo, dan Hanging Video di dalam gerbong KRL serta telah tayang di 214 gerbong KRL.

Taruna Ikrar secara simbolis menyerahkan modul kataBPOM kepada PT KCI dalam upaya mendukung program PT. KCI “Baca Buku di KRL”. Sebanyak 200 eksemplar modul kataBPOM dan 500 eksemplar produk informasi lainnya diberikan untuk didistribusikan ke dalam Pojok Baca Stasiun KRL guna meningkatkan literasi masyarakat, khususnya pengguna sarana transportasi kereta, dalam memilih Obat dan Makanan aman.

Minibooth kataBPOM menambah semarak kegiatan tersebut. Selain menyajikan layanan pengaduan masyarakat, spot ini juga menghadirkan layanan  edukasi melalui games kataBPOM. Peserta sangat antuasias untuk menguji pengetahuan mereka tentang BPOM dalam games interaktif tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi BPOM dalam mengimplementasikan Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SISPOM) dan meningkatkan kesadaran serta peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat untuk mencari informasi valid tentang Obat dan Makanan melalui identitas kataBPOM dan tagline “Bukan Kata Orang, Pastikan KataBPOM”. (PM - Dian dan Serly).

 

 

Bagikan
Whatsapp